Souvenir School

Significance of a wedding souvenir

Intro: Ahhhh… buat apa sih memusingkan souvenir wedding, souvenir yang mana aja juga boleh. Lagian masih banyak hal yang harus diurus untuk mempersiapkan resepsi pernikahan nanti.

Yup that’s right, semua itu penting banget dan harus diurusin. But guess what; makanan, dekorasi, entertainment, make up pengantin wanita, dan lain-lain semuanya itu gak akan bertahan melewati hari H. Cuma souvenir aja yang bertahan di tangan para tamu setelah resepsi pernikahan kamu nanti. Lagipula selain menunjukan taste kamu, souvenir juga berperan besar dalam menyatakan betapa kamu menghargai kedatangan para tamu undangan (it’s a thanks giving). Dan biasanya tamu-tamu undangan betul-betul memperhatikan souvenir kamu.

Nah udah sadar lom seberapa berartinya souvenir untuk pernikahan kamu? So, jangan pernah pikir bahwa souvenir wedding itu kalah penting dari yang lain. Walaupun ukurannya kecil tetapi souvenir memberikan impression (kesan) yang besar kepada tamu-tamu undangan kamu.

Di Miracle School ini kami memberikan sedikit guideline yang kami anggap akan sangat membantu menambah wawasan kamu tentang souvenir pernikahan. Semoga dengan guideline ini kami dari Miracle Wedding Supplies & Gifts bisa membawa kamu selangkah lebih dekat kepada resepsi pernikahan impian mu.

Kapan Harus Memesan Souvenir?

Memesan souvenir wedding sebaiknya jangan terlalu dekat dengan hari H tapi juga jangan terlalu jauh. Kenapa?

Sebaiknya jangan memesan souvenir terlalu dekat alias mepet dengan hari H. Beresiko banget tuh. Kamu harus pesan minimal 3 bulan sebelumnya untuk mengantisipasi faktor X yang tidak terduga.

Jangan takut ketinggalan model, sebab 3 bulan adalah waktu yang secara umum sudah dipakai sebagai standard pemesanan souvenir. Jadi kalau saat ini model XYZ adalah model terbaru maka 3 bulan kemudian model tersebut baru akan pertama kali hadir di luar sana. Pada akhirnya souvenir kamu tetap saja akan menjadi souvenir “terbaru”.

Disamping daripada itu kamu boleh saja memilih model yang sudah agak lama tetapi kamu tahu model tersebut sifatnya tidak pasaran sehingga souvenir kamu akan tetap menjadi souvenir yang tidak membosankan para tamu undangan.

Jumlah Souvenir Yang Harus Dipesan

Yang jelas jumlah souvenir bukan sejumlah undangan yang akan kamu bagikan. Tanya kenapa?

Jumlah souvenir yang harus dipesan bukan sejumlah kartu undangan yang akan kamu bagikan melainkan sejumlah kartu undangan + 10% (atau +secukupnya). Lho kok harus ada extranya, Buat apa tuh? Jawabannya: “untuk mengantisipasi tamu bawaan yang tetap harus diberi souvenir”. Yang dimaksud tamu bawaan itu adalah tamu yang datang ke resepsi kamu padahal kamu gak mengundang mereka secara langsung. Mungkin dia adalah teman lama yang lupa kamu undang tetapi datang karena diberitahu oleh tamu undangan yang lain. Atau bisa saja tamu X yang kita tidak perhitungkan sebelumnya.

So, daripada kamu kehabisan souvenir buat tamu-tamu kamu mendingan kamu persiapkan lebih. Inget lho menikah cuma sekali seumur hidup. Don’t gamble on it. Toh kalau nanti ada sisapun bisa kamu kasih ke kerabat dekat mu yang masih kecil-kecil. Or even better kalo kamu bisa pake sendiri. Setuju?

Beberapa Jenis Souvenir

Banyak sekali macam souvenir yang kamu bisa pilih. Tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah. Tapi so pasti kamu layak untuk mendapat yang terbaik. a. Item yang unik VS Item yang umum Souvenir dengan item yang unik adalah souvenir yang jarang kamu temui di pernikahan-pernikahan teman & kerabat kamu. Sementara item yang sudah umum biasanya mudah kamu temukan di pasar-pasar grosir.

b. Packaging yang unik VS Item yang unik Untuk souvenir dengan packaging (kemasan) unik menggunakan item yang sudah umum digunakan dan harganya tidak terlalu mahal. Disini akan diutamakan kemasannya agar item tersebut kelihatan menarik. Walaupun menggunakan item yang sudah umum dan tidak terlalu mahal tetapi biasanya harga souvenir ini tidak jauh berbeda dari souvenir category yang lain karena kamu harus membayar extra untuk kemasannya yang cantik.

Souvenir dengan item yang unik biasanya tidak terlalu mengandalkan kemasan karna itemnya sendiri sudah memiliki daya tarik yang cukup.

c. Combo A & B Nah buat kamu yang kepingin membuat pernikahan mu super special dihadapan tamu-tamu kamu silahkan kombinasikan category A & B. Kamu bahkan bisa berkreasi sendiri menggabungkan item dan packagingnya. Kamu bisa menggunakan 2 buah item sekaligus untuk menambah value dan art dari souvenir kamu. Simsalabim, souvenir kamu adalah souvenir yang designnya asli cuma kamu sendiri yang punya (hitung-hitung kamu boleh sedikit menyombongkan diri ke teman-teman kamu tuh).

d. Berguna untuk tamu undangan VS Tidak berguna untuk tamu undangan Straight forward aja; biasanya orang lebihmemilih souvenir yang berguna untuk tamu undangan mereka. Atau setidaknya yang tidak umum alias pasaran. karena kalau item yang tidak berguna untuk tamu undangan biasanya mereka akan lupa dimana mereka menyimpan souvenir kamu atau maksimal masuk lemari pajangan yang isinya sudah ada bertumpuk-tumpuk souvenir dari pernikahan-pernikahan yang pernah mereka hadiri sebelumnya. Sedangkan kalau souvenir tersebut berguna buat mereka maka besar kemungkinan saat di kemudian hari kamu berkunjung ke rumahnya kamu bakal lihat souvenir kamu itu terpakai dan diletakan di lokasi strategis. Senang kan?

Tapi jangan lupa bahwa kekuranga souvenir yang tidak berguna dapat ditutupi dengan nilai art alias keindahannya.

e. Consumable goods Saat ini ada juga vendor-vendor yang menyediakan item yang bisa dikonsumsi. Yang paling umum adalah coklat. Kami di Miracle juga menyediakan souvenir coklat. Kelebihan souvenir ini adalah consumable (bisa dimakan) dan kelemahannya adalah bisa dimakan (consumable). Yup, kelebihan sekaligus kelemahan. Satu lagi kelemahan coklat adalah sifatnya yang mudah meleleh sehingga dikhawatirkan saat tamu menerimanya si coklat sudah berubah wujud. Hal ini dapat diatasi dengan pengaturan yang lebih baik.

Tips Memilih Souvenir Yang Tepat

Setelah membaca Miracle school ini bisa dibilang kamu sudah expert memahami perihal souvenir wedding ya. Sekarang back to business; memilih souvenir. A simple step-by-step yang kami berikan ini akan sangat membantu kamu.

Step-by-step tips memilih souvenir: a. Tentukan budget kamu Langkah pertama ini memang gak bisa lepas dari yang namanya rencana belanja. Komunikasikan kepada orangtua dan pasangan kamu tentang expertise barumu ini sehingga mereka mengerti apa yang kamu expect.

b. Jumlah tamu yang diundang Kalau jumlah tamu sedikit, anda bisa memilih souvenir yang lebih istimewa. Tetapi kalau tamunya banyak biasanya anda terpaksa memilih souvenir yang sedikit lebih murah untuk menekan budget. Tapi kamu juga harus ingat bahwa semakin besar jumlah yang dipesan maka harga per-item juga akan semakin rendah. Biasanya standard minimum pemesanan adalah 300 pcs tetapi untuk pemesanan dibawah itupun tetap akan dilayani dengan sama baiknya.

c. Lihat ke kiri dan ke kananan Cobalah lihat-lihat koleksi souvenir yang terdapat di vendor-vendor souvenir. Misalnya Miracle Gallery.

d. Narrowing down the options Setelah melihat-lihat mungkin kamu menemukan lebih dari satu item yang menarik perhatianmu. Pada dasarnya semua category souvenir bisa kamu pilih (item yang unik, item yang umum, kemasan yang bagus, item berguna ataupun tidak berguna). Oleh karena itu cobalah perkecil lingkup pilih berdasarkan category.

e. Pemesanan Setelah kamu tahu item yang kamu mau silahkan langsung minta penawaran dari vendor. Pastikan juga itemnya, kemasannya, dan tanggal pengambilan.

Enjoy your wedding reception.

Leave a Reply