Sangjit School

Apa sih sangjit / sangjitan itu?

Sangjit sebenarnya adalah upacara permintaan pihak cowok ke orang tua pihak cewek untuk mengijinkan anaknya menikah dengan cowok tersebut. Permintaan ini disertai dengan penyerahan berbagai macam pemberian (selanjutnya kita sebut sebagai “isi”) dari pihak cowok ke keluarga si cewek. Nah pemberian inilah yang kadang membuat kebingungan antara kedua keluarga; misalnya: kapan dilaksanakannya, apa saja isi pemberian itu, berapa macam, berapa banyak, warna apa, apa saja penghiasnya, dan apa pantangan-pantangannya. Bingung kan???

Oleh karena itu Miracle School ini kami buat agar kamu gak merasa sangjitan ini sesuatu yang memusingkan. Kami siap membantu Total Hands Off buat kamu. Kami sediakan semua perlengkapan sangjitan kamu, pembelanjaan isi* sampai ke penataannya sehingga kamu gak perlu pusing untuk punya acara sangjitan yang modern tapi gak melanggar tradisi.

Perlengkapan yang kami sediakan antara lain:

1. Baki-baki sangjit

2. Tempat uang susu

3. Tempat uang kembalian

4. Tempat arak / sirup

5. Lilin dan tempat lilin

6. Tempat-tempat permen

7. Dan pelengkap lainnya

Untuk memudahkan proses upacara sangjit anda, kami dari Miracle memberikan service GRATIS penataan/ penyusunan seluruh keperluan upacara sangjit anda.

No more worries.

Kapan upacara Sangjit dilakukan?

Biasanya dilakukan seminggu sebelum hari pernikahan/ hari “H”. Tetapi tidak ada larangan dalam hal ini. Ada juga keluarga yang memilih untuk melakukan sangjitan pada hari “H” (pagi-pagi). Namun kami menyarankan agar acara sangjitan tidak dilakukan pada hari “H” karna prosesi ini biasanya memakan waktu antara 1-2 jam, tergantung pada penyambutan keluarga si cewek. Tetapi …

Disamping dari 1-2 jam prosesi sangjitan tadi, kamu harus hitung juga waktu yang diperlukan untuk hal-hal lainnya. Misalnya,

· Tim dokumentasi (photo & video) yang kadang mengalami technical problem bisa menghambat segalanya. sedihnya, kamu kan gak bisa tinggalin mereka. You need them badly.

· Keluarga cowok butuh waktu untuk mempersiapkan anggota keluarga untuk membawa perlengkapan sangjitan yang sudah disiapkan sebelumnya. (Satu baki/keranjang sangjitan dibawa oleh satu orang anggota keluarga).

· Kamu juga harus mempertimbangkan jarak antara rumah si cowok dan si cewek karna jarak yang jauh akan membuat acara (biasanya) ngaret dari jadwal. Apalagi kalau harus menempuh jalanan macet.

Coba kamu bayangin apa jadinya kalau kamu ngadain acara sangjitan pada hari “H” dan si cowo ngaret…
Mendingan jangan ber-experiment deh ya, toh kamu sangjitan cuma sekali seumur hidup.

Berapa jumlah baki sangjit?

Adakah angka-angka yang harus dihindari? Daripada salah lebih baik berhati-hati.

Tentang jumlah baki tergantung pada tradisi keluarga masing-masing, tetapi biasanya berjumlah 9 buah atau genap (6, 8, 10, 12) kecuali 4. Karena angka 4 dalam bahasa chinese berbunyi “Si” yang mana menyerupai bunyi kata MATI yaitu “Si”. Bagi orang Chinese persamaan bunyi kata ini sangatlah sensitif, oleh karena itu angka 4 sangat dihindari dalam kehidupan sehari-hari.

Barang apa saja yang harus ada?

Ada berbagai macam kebudayaan dengan berbagai perbedaan. Tetapi kamu bisa memulai dari sesuatu yang paling umum dilakukan. Read on…

Dari Pihak Cowok ke Pihak Cewek:

· Buah jeruk berwarna kuning dan buah apel berwarna merah

· Misua

· Kaki babi kalengan

· Kue-kue untuk sangjit (koya, ting-ting,mochi, dll) biasanya ada 4-5 macam

· Permen-permen

· Baju, sepatu, kosmetik, jam tangan, tas, parfum, pakaian dalam wanita, dan perlengkapan wanita lainnya yang biasanya berjumlah genap

· Arak (Red wine) 1 pasang

· Lilin 2 pasang

· Angpao uang susu, angpao uang lamaran/hantaran (biasanya akan dikembalikan oleh pihak perempuan)

· 1 set perhiasan wanita


Pihak cewek ke Pihak cowok:

· Buah jeruk berwarna kuning dan buah apel berwarna merah

· Misua

· Kaki babi kalengan

· Kue-kue untuk sangjit (koya, ting-ting, mochi, dll) biasanya ada 4-5 macam

· Permen-permen

· Baju, sepatu, celana, jam tangan, dasi, dompet, ikat pinggang, pakaian dalam pria, dan perlengkapan pria launnya yang biasanya berjumlah genap

· Sirup merah 1 pasang

Tata cara pemberian baki sangjit

Bagaimana ya tata cara si cowok memberikan baki-baki ini? Trus gimana juga keluarga si cewek harus meresponse? Gampang aja kok. Di article ini akan kita ulas lengkap semuanya

Cara pemberian baki sangjit dan isinya ada 3 macam:

1. Yang pertama adalah dengan cara berbagi baki.
Pihak cowok memberikan sejumlah baki (yang sudah diisikan barang-barang keperluan cewek) kepada pihak cewek, lalu pihak cewek mengeluarkan isi baki tersebut (kecuali makanan) dan menggantinya dengan barang-barang keperluan cowok yang sudah disiapkan sebelumnya. Sedangkan untuk makanan,diambil sebagian dan sebagian dikembalikan lagi ke pihak cowok.

2. Cara yang kedua adalah dengan cara menukar baki sangjit.
Pihak cowok dan pihak cewek masing-masing menyediakan bakinya sendiri dalam keadaan terisi. Biasanya jumlah baki pihak cewek lebih sedikit dari pihak cowok. Cara inilah yang paling banyak digunakan pada jaman modern ini. Dengan menggunakan cara ini barang-barang yang sudah ditata rapi di baki sangjit (terutama dengan model parcel) tidak akan teracak-acak dan barang –barang dari pihak cewek untuk pihak cowok juga bisa ditata dengan rapi dan unik di bakinya sendiri.

3. Sedangkan cara yang terakhir adalah dengan cara tukar dan berbagi baki (mix).
Untuk cara ini, pihak cowok memberikan baki ke pihak cewek, dan pihak cewek menyediakan bakinya sendiri tetapi hanya untuk baju-baju dan kue-kue untuk diberikan ke pihak cowok,sedangkan baki berisi buah dibagi 2 atau diambil sebagian dan sisanya dikembalikan ke cowok tersebut.

Apapun cara yang anda pakai,semuanya terserah pada tradisi keluarga masing-masing. Tidak ada cara yang lebih benar antara satu dengan yang lain.

One thought on “Sangjit School

  1. Pingback: Miracle Souvenir and Accessories » Blog Archive » Beda adat antara keluarga cowo dan cewe

Leave a Reply